AC Mobil Bunyi Mendesis? 3 Cara Mudah Mengatasinya

AC mobil bunyi mendesis menjadi salah satu masalah yang harus segera diatasi. Sebab, hal tersebut dapat merusak komponen AC mobil. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan keluarnya bunyi mendesis pada komponen AC mobil. Apabila tidak ditangani segera, bisa jadi komponen AC mobil aus atau berkarat.

Sehingga Anda wajib mengganti komponen AC mobil yang mengalami aus atau berkarat. Tentu saja biaya penggantian  komponen AC mobil ini tidak murah. Maka dari itu, segera lakukan pengecekan terlebih dahulu apabila muncul bunyi desis pada komponen AC mobil Anda.

Mengapa Komponen AC Mobil Bunyi Desis?

mobil matic nyentak

Bunyi desis pada komponen AC mobil ini tentu dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara. Apabila tidak ditangani segera, maka bisa menyebabkan Anda celaka karena konsentrasi mengemudi jadi terganggu. Maka dari itu, kenali beberapa penyebab mengapa AC mobil mengeluarkan suara berdesis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kotornya Evaporator

Masalah ac mobil bunyi mendesis yang pertama yaitu evaporator. Evaporator merupakan komponen AC mobil yang berfungsi sebagai penampung gas freon yang telah diolah melalui kompresor. Sebelum disalurkan melalui blower, suhu dingin gas freon ini tentu ditampung pada evaporator. Apabila evaporator terlalu kotor, maka dapat memunculkan suara bising yang cukup mengganggu.

  1. Kehabisan Gas Freon

Apabila gas freon habis, maka pemilik kendaraan wajib mengisi ulang. Sebab, ac mobil bunyi mendesis pada komponen bisa disebabkan oleh kehabisan gas freon. Tanpa adanya gas freon, maka komponen AC mobil tidak bisa menghasilkan suhu dingin yang disalurkan melalui blower AC.

  1. Aus pada Komponen Thrust Bearing

Komponen thrust bearing juga menjadi salah satu komponen terpenting pada kompresor AC mobil. Thrust bearing menjadi “motor penggerak” dari kompresor. Apabila komponen thrust bearing aus atau berkarat, maka akan memunculkan suara-suara bising dari dalam kompresor. Hal ini tentu harus segera ditangani agar tidak menyebabkan kompresor rusak.

  1. Tersumbatnya Katup Ekspansi Valve

Katup ekspansi valve merupakan komponen yang berguna untuk menyalurkan gas freon yang masih bertekanan tinggi untuk dialirkan ke evaporator yang bertekanan rendah. Apabila katup ekspansi valve tersumbat, maka dapat menyebabkan aliran gas freon semakin cepat. Percepatan aliran gas freon menyebabkan munculnya suara desis pada AC mobil.

Cara Mengatasi Masalah AC Mobil Bunyi Mendesis

turun mesin mobil

Setelah Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab utama keluarnya bunyi desis pada AC mobil, tentu Anda perlu mengetahui pula bagaimana cara mengatasi masalah komponen AC mobil yang mengeluarkan suara desis. Untuk itu, ini dia beberapa cara mengatasi masalah pada komponen AC  mobil yang mengeluarkan bunyi desis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengecek kadar Gas Freon AC Mobil

Cara pertama menangani ac mobil bunyi mendesis, cek terlebih dahulu kadar gas freon AC mobil Anda. Sebab, kurangnya kadar gas freon AC mobil menjadi salah satu penyebab munculnya suara desis pada komponen AC mobil. Apabila kadar gas freon AC mobil kurang, Anda wajib membawa ke bengkel guna mengisi ulang gas freon sesuai dengan tipe AC mobil milik Anda.

  1. Membersihkan Komponen Evaporator

Kedua, apabila evaporator AC mobil tampak kotor, maka Anda wajib membersihkan bagian komponen ini. Anda perlu membongkar bagian komponen AC mobil terlebih dahulu guna menjangkau bagian evaporator. Apabila Anda tidak memiliki keahlian dalam dunia otomotif, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel guna penanganan lebih lanjut.

  1. Melakukan Pengecekan Komponen AC Mobil Secara Menyeluruh

Apabila komponen AC mobil bunyi mendesis, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Hal ini bertujuan untuk melakukan pengecekan komponen AC mobil secara menyeluruh atau tune-up AC mobil. Langkah tune-up dirasa cukup jitu karena Anda dapat mengetahui komponen mana saja yang mengalami kerusakan.

Baca Juga : Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Setelah itu, montir bengkel akan memberitahu kepada Anda terkait kerusakan dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Apabila Anda ingin melakukan tune-up komponen AC mobil, maka Anda bisa langsung saja menuju ke dokter mobil cabang terdekat. Sebab, di dokter mobil ini Anda dapat berkonsultasi terkait masalah AC mobil bunyi mendesis.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *