AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin? Ini Dia Solusinya

AC mobil tiba-tiba tidak dingin merupakan masalah yang serius. Sebab, suhu kabin terasa panas sangat mengganggu konsentrasi berkendara. Sebagai pengendara, Anda dituntut untuk tetap fokus saat berkendara. Akan tetapi, ketika suhu kabin mobil terasa panas. Maka, Anda tidak dapat berkonsentrasi. Sehingga, resiko kecelakaan akibat AC mobil tidak dingin ini cukup tinggi.

Oleh sebab itu, agar Anda tetap nyaman saat berkendara maka pastikan AC mobil berfungsi dengan normal. Apabila AC mobil terasa tidak dingin secara tiba-tiba, maka Anda disarankan untuk segera membawa ke bengkel AC mobil terdekat untuk langkah penanganan lebih lanjut.

Beberapa Penyebab Utama AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin

mobil matic nyentak

Apabila AC mobil terasa kurang dingin, maka ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui agar Anda dapat memilih langkah solutif. Langkah solutif ini dapat Anda pilih sesuai dengan apa yang menjadi penyebab utama dari AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin. Masalah ini disebabkan oleh beberapa penyebab. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Gas Freon Habis

Pertama, isi gas freon yang habis menjadi salah satu penyebab utama AC mobil terasa kurang dingin. Gas freon ini menjadi bahan utama untuk membuat udara dingin di kabin mobil. Apabila isi gas freon habis, maka Anda harus segera isi ulang gas freon sesuai dengan tipe mobil Anda.

  1. Kotornya Komponen Kondensor

Kedua, adanya banyak kotoran pada kondensor. Kondensor ini berfungsi sebagai pendingin dari gas freon yang telah dicairkan pada komponen kompresor. Alhasil, banyak kotoran yang menempel pada komponen kondensor. Apabila kotoran pada kondensor tidak segera dibersihkan, maka suhu AC yang dihasilkan tidak terlalu dingin.

  1. Kompresor AC Rusak

Ketiga, adanya kerusakan pada kompresor AC mobil ini tentu menyebabkan suhu AC mobil tidak terlalu dingin. Kerusakan pada kompresor AC mobil ini disebabkan oleh kotornya receiver dryer maupun expansion valve. Kedua komponen ini bertugas untuk menekan cairan freon menjadi gas dan kemudian disalurkan menuju evaporator.

  1. Kerusakan pada Extra Fan

Extra fan ini berfungsi untuk menurunkan suhu kompresor. Apabila kompresor terlalu panas, maka suhu AC mobil kurang maksimal. Akibatnya, kabin mobil terasa panas. Apabila komponen extra fan rusak, maka segera ganti extra fan mobil di bengkel AC terdekat.

  1. Evaporator Tersumbat Kotoran

Apabila semua komponen AC mobil dalam kondisi baik-baik saja namun suhu kabin tetap tidak dingin, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh evaporator tersumbat kotoran. Kotornya evaporator ini disebabkan oleh terbawanya kotoran dari kondensor dan filter AC. Apabila kedua komponen tersebut tidak segera dibersihkan, maka evaporator akan tersumbat kotoran.

Solusi untuk Mengatasi Masalah AC Mobil Tiba-Tiba Tidak Dingin

bengkel mobil terdekat

Setelah Anda mengetahui penyebab utama masalah AC mobil tiba-tiba tidak dingin, maka Anda dapat menentukan langkah solutif agar AC mobil Anda kembali normal. Maka dari itu, ini dia beberapa langkah solutif untuk mengatasi masalah AC mobil tidak dingin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Melakukan Pengecekan Awal

Apabila AC mobil tiba-tiba tidak dingin, maka segera lakukan pengecekan awal. Pengecekan awal ini guna mengetahui kerusakan apa saja yang menyebabkan AC mobil tidak terasa dingin. Apabila Anda tidak mengerti bagaimana cara mengatasi masalah AC mobil tiba-tiba tidak dingin, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel AC mobil terdekat.

  1. Servis AC Mobil di Bengkel Terpercaya

Setelah Anda mengetahui penyebab AC mobil tiba-tiba tidak dingin, maka segera bawa mobil ke bengkel AC terpercaya. Bengkel AC terpercaya tentu mempekerjakan montir dan teknisi berpengalaman.

Sehingga, semua masalah yang menjadi penyebab AC mobil kurang dingin dapat teratasi segera. Apabila mobil Anda mengalami masalah AC mobil kurang dingin, maka segera bawa ke dokter mobil cabang terdekat. Sebab, di dokter mobil ini Anda dapat ditangani segera oleh para montir dan teknisi profesional. Sehingga, AC mobil Anda dapat kembali normal.

Baca Juga : Rekomendasi Oli Mesin Avanza

Masalah AC mobil tiba-tiba tidak dingin ini cukup mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Sebab, kabin mobil terasa panas akan mengurangi konsentrasi berkendara hingga menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil agar komponen AC segera tertangani.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *