4 Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin & Solusinya

Ketika AC mobil tidak dingin, maka Anda perlu mengetahui penyebab AC mobil tidak dingin.lalu, bawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Sebab, masalah AC mobil terasa tidak dingin ini tidak dapat Anda perbaiki sendiri dirumah. Oleh sebab itu, Anda perlu rekomendasi bengkel AC mobil yang menyediakan jasa perbaikan komponen AC mobil.

Apabila tidak segera ditangani, maka kabin mobil terasa pengap karena AC mobil tidak bekerja dengan baik. Selain itu, komponen AC mobil yang tidak segera diperbaiki akan menyebabkan kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Ini Dia 4 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

mobil matic nyentak

Ketika AC mobil tidak dingin, maka ada kerusakan pada komponennya. Bisa jadi, komponen AC mobil rusak, bocor, aus, maupun berkarat. Hal ini tentu disebabkan oleh kurangnya perawatan pada komponen AC mobil hingga kurangnya kadar oli kompresor AC mobil. Oleh sebab itu, ini dia 4 penyebab utama dari masalah AC mobil terasa tidak dingin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Gas Freon Habis

Apabila AC mobil tidak dingin, segera cek kadar gas freon terlebih dahulu. Gas freon ini cukup penting untuk menyalurkan udara dingin dari dalam kabin mobil. Gas freon ini menjadi “bahan baku” untuk menghasilkan udara dingin yang ditampung pada evaporator. Apabila gas freon kurang, maka suhu udara dingin yang dihasilkan akan berkurang.

  1. Adanya Kebocoran pada Kompresor AC Mobil

Apabila kadar gas freon tidak bermasalah, bisa saja AC mobil terasa tidak dingin dikarenakan adanya kebocoran pada kompresor AC mobil. Kebocoran pada kompresor AC mobil ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kompresor AC mobil penyok atau berkarat. Apabila kompresor AC mobil bocor, segera bawa mobil Anda ke bengkel spesialis AC mobil.

  1. Tersumbatnya Filter AC Mobil

Apabila kadar gas freon masih cukup dan tidak ada kebocoran pada kompresor AC mobil, maka cek komponen filter AC mobil. Filter AC mobil ini berfungsi sebagai penyaring cairan freon AC dari kondensor menuju evaporator.

Apabila filter AC mobil terlalu kotor, maka segera bersihkan saringan filter AC mobil. Anda disarankan untuk membawa mobil ke bengkel. Sebab, hanya montir dan teknisi bengkel profesional saja yang dapat mengeluarkan filter AC mobil dari komponennya.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Setelah Anda mengetahui penyebab AC mobil tidak dingin, maka selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa langkah solutif untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh sebab itu, ini dia beberapa langkah solutif dalam mengatasi masalah AC mobil yang tidak terasa dingin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Melakukan Pengecekan Awal pada Komponen AC Mobil

Sebelum membawa mobil Anda ke bengkel, ada baiknya untuk melakukan pengecekan awal pada komponen AC mobil. Pastikan terlebih dahulu apakah ada kebocoran atau kerusakan pada komponen tersebut yang menyebabkan kabin mobil tidak terlalu dingin.

Apabila Anda telah menemukan penyebab dari masalah AC mobil tidak dingin, maka segera ke bengkel AC mobil terpercaya guna langkah solutif selanjutnya. Sehingga kabin mobil Anda kembali dingin.

  1. Membawa ke Bengkel AC Mobil Terpercaya

Setelah Anda menemukan penyebab ac mobil tidak dingin, maka segera bawa mobil ke bengkel AC mobil terpercaya. Pastikan bengkel AC mobil tersebut mempekerjakan para montir dan teknisi berpengalaman.

Baca Juga : Mesin Mobil Bunyi Nging

Agar AC mobil dapat kembali digunakan secara normal. Salah satu bengkel AC mobil segara tipe dan merk terpercaya adalah dokter mobil. Segera bawa mobil Anda ke dokter mobil agar masalah pada komponen AC mobil segera ditangani

  1. Tune-up Komponen AC Mobil Secara Berkala

Apabila fungsi kerja AC mobil kembali normal, maka Anda wajib menentukan jadwal tune-up komponen AC mobil secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada komponen AC mobil kembali. Setidaknya, tune-up komponen AC mobil ini minimal 1 kali dalam jangka waktu 2 bulan.

harga service ac mobil

AC mobil tidak dingin menjadi salah satu masalah cukup serius. Hal ini tentu mengganggu Anda saat berkendara karena kabin mobil terasa panas. Oleh sebab itu, segera bawa mobil Anda ke dokter mobil guna langkah servis dan perawatan mobil lebih lanjut.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *