Update Kisaran Biaya Service AC Mobil di Bengkel Terpercaya

AC mobil merupakan salah satu komponen yang mudah rusak. Untuk itu, Anda perlu mengetahui biaya service AC mobil sebelum membawa ke bengkel. Biaya untuk servis AC mobil ini cukup beragam, tergantung jenis kerusakan pada AC mobil Anda.

Apabila AC mobil ini tidak segera Anda tangani, maka kerusakan pada komponen AC mobil ini dapat mengganggu Anda dalam berkendara. Sebab, menyetir mobil dengan keadaan kabin terasa pengap ini cukup mengganggu konsentrasi berkendara.

Apabila AC mobil rusak, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Sebab, Anda tidak bisa mengatasi kerusakan pada AC mobil secara mandiri dirumah.  Apabila Anda nekat memperbaiki AC mobil sendiri. Bisa jadi, AC mobil Anda makin rusak hingga Anda harus mengganti seluruh komponen AC mobil.

Jenis-Jenis Kerusakan pada AC Mobil & Biaya Service AC Mobil

Ada beberapa jenis kerusakan yang menyebabkan masalah pada AC mobil. Kerusakan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, mulai  dari kekurangan gas freon hingga adanya masalah pada kompresor AC mobil. Untuk itu, ini dia beberapa jenis kerusakan pada AC mobil yang harus segera diperbaiki beserta perkiraan biaya service AC mobil. Yakni :

  • Masalah AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil tidak dingin

    1.   Kekurangan Gas Freon

Apabila AC mobil Anda kurang dingin, maka hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kekurangan gas freon. Untuk mengatasi masalah AC mobil tidak dingin karena gas freon AC yang kurang. Maka, Anda harus mengisi ulang gas freon di bengkel terdekat. Biaya isi ulang freon ini berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 250.000

    1.   Kebocoran pada Kompresor

Kebocoran pada kompresor ini juga menyebabkan suhu kabin mobil tidak terasa dingin. Akibatnya, gas freon pun mengalir ke bagian mesin mobil. Hal ini sangat berbahaya bila tidak segera ditangani.

Biaya servis kompresor ini cukup beragam, mulai dari Rp. 500.000 untuk menambal kebocoran kompresor hingga Rp. 2.000.000 untuk penggantian kompresor AC mobil apabila kompresor yang bocor tidak dapat diservis.

  • Munculnya Bunyi Aneh pada Komponen AC Mobil

mobil bunyi nging

    1.   Kurangnya Oli Kompresor

Salah satu penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi atau suara aneh adalah kurangnya oli kompresor. Sehingga, komponen AC mobil mengalami aus dan berkarat. Sebab, komponen AC mobil seperti piston, noken as, hingga silinder piston ini membutuhkan pelumasan secara berkala.

Nah, biaya service AC mobil yang mengeluarkan bunyi akibat kurangnya oli kompresor ini ditaksir mencapai Rp. 400.000 hingga Rp. 650.000 (termasuk ongkos ganti oli kompresor).

    1.   Kerusakan Magnetic Clutch

Magnetic Clutch merupakan salah satu dari komponen terpenting pada AC mobil. Magnetic Clutch ini berfungsi sebagai pemutus serta penyambung komponen puli AC dengan kompresor. Apabila magnetic clutch ini mengalami kerusakan, maka AC mobil Anda akan mengeluarkan suara berisik seperti orang ngorok. Biaya service AC mobil yang diakibatkan oleh kerusakan pada magnetic clutch ini berkisar antara Rp. 700.000 hingga Rp. 900.000 (tergantung jenis mobil)

  • Perawatan Komponen AC Mobil Secara Berkala

harga service ac mobil

    1.   Penggantian Komponen AC Mobil

Apabila tidak ada kerusakan yang cukup parah pada AC mobil, maka Anda perlu melakukan perawatan pada komponen AC mobil. Anda dapat melakukan penggantian komponen AC mobil yang telah usang, seperti penggantian seal, thrust bearing, soe, hingga shaft seal. Biaya penggantian komponen AC mobil ini berkisar Rp. 475.000 hingga Rp. 500.000.

    1.   Penggantian Extra Fan dan Fan Belt

Penggantian extra fan dan fan belt ini harus Anda lakukan secara berkala. Maksimal sekitar 30.000 km perjalanan atau 6 bulan pemakaian kendaraan. Harga penggantian extra fan ini sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000. Sedangkan, penggantian fan belt ini berkisar antara Rp. 40.000 hingga Rp. 60.000 saja.

Baca Juga : Harga Oli Mobil Avanza

Munculnya masalah pada komponen AC mobil ini cukup mengganggu. Sebab, suhu kabin mobil yang tidak stabil ini menyebabkan Anda tidak fokus dalam berkendara. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda disarankan untuk mengunjungi bengkel terdekat guna pengecekan kondisi AC mobil. Namun  sebelum itu, ketahui terlebih dahulu kisaran biaya service AC mobil sesuai dengan tingkat kerusakannya.

Setelah mengetahui itu semua kamu juga jangan lupa kalau harus hati-hati memilih bengkel mobil. Saya merekomendasikan dokter mobil untuk jadi pilihan bengkel anda karena sudah ada lengkap biaya service ac mobil di sana. Jadi kalian tidak perlu khawatir akan dirugikan oleh bengkel yang suka “nembak harga“.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *