Ini Dia Gejala dan Biaya Turun Mesin Mobil

Turun mesin adalah tindakan solutif guna mengatasi kerusakan mobil. Maka, Anda perlu tahu penyebab, gejala, dan biaya turun mesin mobil. Teknik turun mesin ini adalah teknik terjitu untuk mengatasi kerusakan para pada mobil. Jadi, dengan menurunkan mesin dari kap mobil ini tentu saja memudahkan montir bengkel untuk melakukan pengecekan dan penyervisan.

Penyebab Mobil Mengalami Turun Mesin

turun mesin mobil

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil Anda mengalami turun mesin. Rata-rata, mobil mengalami turun mesin ini dikarenakan adanya pembiaran atau tidak adanya tindakan solutif dari pemilik mobil. Akhirnya, mesin mobil harus diturunkan guna dicek dan diservis oleh montir bengkel. Untuk itu, ini dia beberapa penyebab mobil mengalami turun mesin. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1.   Mesin Mobil Cepat Panas atau Overheating

Pernahkah Anda mengalami mobil mogok akibat suhu mesin mobil terlalu panas. Apabila pernah, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel. Sebab, mesin mobil cepat panas atau overheating ini menyebabkan dapat menyebabkan turun mesin. Hal ini dikarenakan suhu panas mesin dapat menyebabkan kerusakan komponen lain, seperti kepala silinder melengkung tiba-tiba hingga oli mesin bercampur dengan air.

  1.   Putusnya Timing Belt

Timing belt adalah komponen mesin yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari poros engkol. Apabila timing belt ini putus, besar kemungkinan katup piston akan saling bertabrakan. Hal ini kemudian menyebabkan kerusakan pada piston hingga menyebabkan mesin mobil tidak bisa distarter. Untuk itu, perlu dibawa ke bengkel guna penanganan lebih lanjut.

Gejala Utama Mobil Mengalami Turun Mesin

Sebelum membahas tentang perkiraan biaya turun mesin mobil, maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu gejala utama mobil yang mengalami turun mesin. Sebab, banyak orang tidak mengerti dan mengetahui apa saja gejala utama dari mobil turun mesin. Untuk itu, ini dia beberapa gejala awal dari mobil yang mengalami turun mesin. Yaitu :

  1.   Kerap Mogok

Apabila mobil Anda kerap mogok saat digunakan, bisa jadi mobil Anda mengalami kenaikan suhu panas secara mendadak atau overheating. Overheating ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari oli mesin kurang hingga kebocoran pada salah satu komponen mesin seperti kompresor atau selang radiator. Akibatnya, mobil yang Anda gunakan pun tidak bisa distarter kembali sebelum suhu mesin kembali normal.

  1.   Mesin Mobil Mengeluarkan Suara Berisik

Komponen mesin mobil memang perlu untuk diganti secara berkala, minimal 30.000 hingga 40.000 km pemakaian. Sebab, apabila Anda jarang atau tidak pernah mengganti komponen mesin secara berkala. Bisa saja, mobil Anda mengalami turun mesin akibat keluarnya suara-suara berisik. Suara berisik tersebut berasal dari komponen mesin rusak atau aus akibat faktor usia penggunaan.

  1.   Mesin Mobil Tidak Bisa Distarter

Dan gejala terakhir mobil turun mesin adalah tidak bisa distarter. Mobil yang tidak bisa distarter ini disebabkan oleh putusnya timing belt. Akibatnya, mobil Anda pun tidak bisa distarter karena katup piston saling bertabrakan dan kurangnya daya tenaga akibat dari putusnya timing belt mobil Anda.

Ini Dia Perkiraan Biaya Turun Mesin Mobil

biaya perbaikan oli mesin

Untuk biaya turun mesin mobil ini cukup bervariatif, sesuai dengan jenis dan penyebab kerusakannya. Apabila hal tersebut disebabkan oleh tekanan suhu panas berlebih atau overheating, maka biaya turun mesin mobil ini diperkirakan sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000 saja.

Apabila mobil mengalami turun mesin mobil akibat dari putusnya timing belt, maka biaya yang harus Anda keluarkan ini berkisar Rp. 700.000 hingga Rp. 1.400.000 (sesuai dengan jenis dan merk mobil). Harga tersebut belum termasuk ongkos pasang timing belt sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000.

Jika mobil mengalami turun mesin akibat komponen mesin mengalami aus, korosi, maupun berkarat, maka biaya turun mesin mobil ini ditaksir mencapai Rp. 1.500.000 hingga Rp. 7.000.000 (apabila menyebabkan mesin mobil jebol).

Baca Juga : Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Turun mesin merupakan salah satu tindakan solutif guna mengatasi kerusakan parah pada mobil. Apabila tidak segera ditangani. Maka, mesin mobil akan jebol hingga tidak bisa digunakan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab, gejala, serta biaya turun mesin mobil. Apabila mobil Anda terpaksa turun mesin, maka segera bawa ke dokter mobil cabang terdekat.

Tags:,
No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *