jadwal km ganti oli secara berkala

Kapan Jadwal KM Ganti Oli Mobil Dilakukan?

Mengganti oli mobil perlu dilakukan secara rutin. Oli yang tidak diganti akan mempengaruhi performa mesin mobil. Kondisi tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara, apalagi untuk jarak jauh. Kira-kira kapan jadwal KM ganti oli mobil perlu dilakukan?

Perlunya Jadwal KM Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Perlunya Jadwal KM Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Mengganti oli merupakan bentuk perawatan wajib untuk menjaga kualitas kendaraan. Penggantian oli ini juga harus dilakukan rutin secara berkala. Bisa dalam hitungan bulan bila diperlukan. Atau berdasarkan kilometer (KM) mobil yang sudah dilewati.

Oli mesin sebagai pelumas komponen mesin mobil, memegang fungsi penting seperti :

  • Oli dapat mendinginkan panas mesin, akibat pembakaran yang terjadi di dalam silinder.
  • Oli dapat menyerap getaran sehingga lebih nyaman saat mengendarai mobil.
  • Oli juga bisa meredam gaya gesekan antar setiap komponen mesin, sehingga tidak menimbulkan suara bising.
  • Bahkan oli bisa membersihkan gram sisa-sisa pembakaran.
  • Senyawa kimia dalam oli mesin juga akan mengatasi terjadinya karat pada komponen dalam mesin.

Sementara dalam prosesnya, oli mesin ini akan melarutkan debu dan kotoran yang ada di dalam mesin. Di bawa ke filter oli, kemudian disaring. Sedangkan debu dan kotoran masuk lewat celah seal yang terbuka, misal karena bocor. Bahkan bisa juga karena gesekan antar komponen mesin.

Memahami Jadwal KM Ganti Oli Mobil

Salah satu bentuk perawatan yang dilakukan secara rutin adalah mengganti oli mobil. Oli mobil ini biasanya terdiri dari tiga jenis yakni oli mesin, oli transmisi pada persneling, dan oli garda. Adapun yang rutin harus diganti adalah oli mobil. Untuk jadwal KM ganti oli mobil, bisa diperhatikan beberapa tanda berikut ini :

Perhatikan kilometer (KM)

KM tidak selalu menjadi acuan mengganti oli. Tapi jika mengacu buku manual biasanya mobil mencapai 10.000 KM sudah harus diganti oli. Mengganti oli mobil membuat kerja mesin seperti baru lagi.

Munculnya suara kasar pada mesin

Jika mesin mobil sudah kasar pada saat mesin dinyalakan. Itu pertanda bahwa sudah waktunya jadwal KM ganti oli mobil. Adapun sebab suara mesin kasar karena kandungan oli sudah bercampur dengan debu dan panas dari ruang bakar. Kualitas oli yang sudah turun tidak bisa meredam bising mesin, sehingga suara terdengar kasar.

Oli berwarna hitam pekat

Tanda lain jadwal KM ganti oli mobil adalah warnanya yang sudah hitam pekat. Perubahan warna terjadi karena campuran oli dengan kotoran. Sementara oli kualitas bagus warnanya masih kuning transparan. Jadi sebaiknya segera mengganti dengan oli yang baru.

Lampu indikator oli berwarna merah

Berikutnya juga bisa diperhatikan dari lampu indikator oli yang menyala merah. Lampu ini biasanya berada di bagian dashboard mobil. Jika sudah melaksanakan jadwal KM ganti oli mobil, lampu indikator ini tidak akan menyala.

Asap knalpot berwarna hitam

Jadwal KM ganti oli mobil juga ditandai dengan kepulan asap knalpot berubah jadi hitam. Jika sudah begini, biasanya aroma knalpot juga berbau tajam. Asap hitam ini terjadi karena oli dari mesin menguap, lalu masuk ke dalam ruang bakar. Asap dengan oli berkualitas biasanya warna transparan.

Getaran mesin lebih terasa

Kualitas oli yang sudah menurun akan mempengaruhi pola getaran mesin. Dari sebelumnya halus, getarannya menjadi lebih terasa dan kencang. Hal ini terjadi karena mesin yang bergesekan dengan sangat keras, akibat oli yang tidak lagi berfungsi baik.

Akselerasi atau percepatan mobil menurun dan berat

Tanda ini juga menjadi isyarat jadwal KM ganti oli mobil. Daya cepat mobil tidak lagi berfungsi normal, sehingga tarikan tidak lagi maksimal dan lebih berat. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Usia pemakaian mobil yang sudah lama

Jadwal KM ganti oli mobil bisa ditandai dengan usia pemakaian mobil. Jadi, meskipun kilometer belum sampai 5.000 atau 10.000. Tetapi penggunaan mobil sudah lebih dari 6 atau 12 bulan. Ada baiknya untuk segera mengganti oli.

Akibat Telat Jadwal KM Ganti Oli Mobil

Jika tanda-tanda jadwal KM ganti oli mobil sudah ditemui. Maka jangan diremehkan begitu saja, atau bahkan didiamkan terlalu lama. Hal itu akan berdampak buruk pada performa mobil. Di bawah ini ada sejumlah dampak yang timbul karena melewatkan jadwal KM ganti oli mobil :

Performa mesin mengalami penurunan drastis

Dampak yang paling mudah dirasakan adalah performa mesin yang mengalami penurunan secara drastis. Tidak bertenaga pada laju kecepatan tinggi. Bahkan jika terlalu lama menunda jadwal KM ganti oli mobil, mesin jadi sulit dinyalakan.

Mesin menjadi lebih cepat panas

Dampak buruk lainnya, jika abai terhadap jadwal KM ganti oli mobil adalah mesin jadi cepat panas. Mesin yang cepat panas ini bisa berpotensi mengalami overheating. Hal itu akan merusak komponen mesin dan memicu kebakaran.

Bensin mobil menjadi boros

Berikutnya oli yang sudah tidak berkualitas ini akan menekan performa mesin. Akibatnya tenaga mobil akan diambil dari bahan bakar. Hal itulah yang membuat bensin mobil jadi boros.

Komponen mesin menjadi berkerak

Mengabaikan jadwal KM ganti oli mobil, bisa membuat kotoran melekat seperti kerak. Biasanya kerak ini menempel di permukaan mesin yang olinya belum diganti. Jika kerak ini dibiarkan maka bisa merusak fungsi mesin dalam jangka panjang.

Usia mesin bisa menjadi lebih pendek

Mesin di setiap kendaraan memiliki masa usia pakai. Perawatan yang baik dan rutin akan menjaga penggunaan mesin menjadi lebih lama. Sebaliknya, apabila oli jarang diganti maka berpotensi memperpendek usia mesin.⦁

Turun mesin

Dampak fatal abai jadwal KM ganti oli mobil adalah turun mesin. Kondisi ini merupakan kerupakan yang paling parah. Memungkinkan mobil tidak bisa dipakai untuk bepergian jarak jauh.

Biaya perawatan mobil menjadi lebih besar

Jika mobil sudah turun mesin, tentu akan membutuhkan biaya perawatan yang jauh lebih besar. Hal ini terjadi karena sudah banyaknya komponen mesin yang rusak. Misalnya saja kepala silinder jadi melengkung dan baret-baret. Jadi semakin berat kan biaya perawatannya?!

Kendaraan tak lagi nyaman dipakai

Bentuk kerugian lain akibat lalai jadwal KM ganti oli mobil adalah kendaraan yang tak lagi nyaman dipakai. Meski dipakai untuk sehari-hari tetap saja suara bising mengganggu. Belum lagi getaran dan hawa panas yang timbul dari uap mesin.

Harga jual berpotensi mengalami penurunan

Kerusakan yang ditimbulkan karena tidak mengganti oli, bisa mempengaruhi harga jual mobil. Kondisi mesin yang berkerak dan cepat panas menjadi hal yang krusial. Menandakan bahwa mobil tidak mendapatkan perawatan secara berkala.

Jadi, kalau jadwal KM ganti oli mobil sudah mendekati waktunya. Baiknya segera lakukan penggantian oli, guna menjaga performa mobil yang tetap baik meski sudah bertahun—tahun dipakai. Mengingat oli mesin memegang peranan penting terhadap performa mobil.