Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Manual dan Matic

Kapasitas oli mesin tiap jenis mobil tentu berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu tahu daftar kapasitas oli mesin mobil manual dan matic. Adanya perbedaan kapasitas oli mesin mobil ini disebabkan oleh besarnya kapasitas mesin mobil.

Semakin besar kapasitas mesin mobil, maka semakin besar pula oli mesin yang dibutuhkan. Pabrikan tentu mengerti berapa liter kapasitas oli mesin yang dibutuhkan oleh mobil. Oleh sebab itu, Anda harus tahu seberapa besar kapasitas oli mesin mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda saat penggantian oli mesin mobil.

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Bertransmisi Manual dan Matic Terbaru

biaya perbaikan oli mesin mobil

Salah satu resiko terbesar apabila Anda tidak mengetahui besaran kapasitas maksimal oli mesin mobil adalah kelebihan atau kekurangan mengisi oli mesin mobil. Sebab, kelebihan dan kekurangan mengisi oli mesin mobil ini dapat berakibat fatal. Salah satunya adalah terjadinya overheating, tarikan mobil terasa berat, hingga kebocoran pada oil tank.

Guna menghindari resiko kerusakan pada mobil, maka Anda harus tahu seberapa besar kapasitas oli mesin mobil Anda. Untuk itu, ini dia daftar kapasitas oli mesin mobil sesuai dengan jenis, merk, dan juga ukuran mesin mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Mobil Bertransmisi Manual

  1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.500 cc

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menjadi salah satu city car paling laris di Indonesia. Mobil keluarga dengan ukuran mesin 1.500 cc ini memiliki kapasitas oli mesin sekitar 2,7 liter. Kapasitas oli mesin akan bertambah apabila Anda menggunakan oli filter. Jadi, total kapasitas oli Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.500 cc ini sekitar 3,5 liter.

  1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.300 cc

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.300 cc ini memiliki kapasitas oli mesin yang lebih kecil ketimbang Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia 1.500 cc. Kapasitas oli mesin Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia 1.300 cc ini sekitar 2,3 liter. Apabila ANda menggunakan oli filter, maka kapasitas total oli Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 1.300 cc ini sekitar 3 liter.

  1. All New Brio 2020 Manual

All New Brio menjadi salah satu city car 4 penumpang terlaris di Indonesia. Mobil bertransmisi manual 5 percepatan dari Honda ini dibekali dengan mesin bertenaga 1.200 cc. Kapasitas oli mesin Honda Brio ini sekitar 3 liter. Apabila Anda menggunakan oli filter, maka kapasitas oli mesin Honda Brio menjadi 3,5 liter.

Mobil Bertransmisi Matic

  1. Toyota Alphard

Alphard adalah salah satu mobil kelas eksklusif dari Toyota. Mobil bertransmisi matic ini memiliki ukuran mesin cukup besar, yakni 2.400 cc. Untuk kapasitas oli mesin dari Toyota Alphard ini sekitar 5,5 liter. Apabila Anda menggunakan oli filter, maka kapasitas oli mesin Alphard menjadi 6 liter.

  1. Honda CR-V 2020 Matic

CR-V 2020 Matic menjadi salah satu city car eksklusif dari Honda. Mobil yang dibekali mesin 2.400 cc ini memiliki ukuran tangki oli mesin sebesar 4 hingga 4,5 liter (termasuk oli filter). Hal ini disebabkan oleh ukuran mesin mobil yang cukup besar. Sehingga, oli mesin yang dibutuhkan pun juga lebih banyak dibandingkan dengan mobil lain.

  1. Kijang Innova Reborn Matic

Kijang Innova Reborn matic menjadi salah satu mobil keluaran terbaru dari Toyota. Mobil 7 seat bertransmisi matic 4 percepatan ini memiliki ukuran mesin sekitar 2.000 cc (bensin) dan 2.400 cc (diesel). Total kapasitas oli mesin Kijang Innova Reborn matic ini sekitar 4 hingga 4,5 liter (termasuk oli filter).

Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Agar Tidak Kurang dan Melebihi Kapasitas Oil Tank

toko oli mobil terdekat

Guna meminimalisir resiko kelebihan dan kekurangan pengisian oli mesin mobil, maka Anda dapat mengganti oli mesin mobil di bengkel terpercaya. Salah satu bengkel terpercaya adalah dokter mobil. Di Dokter mobil, Anda dapat mengganti, menguras, dan mengisi ulang oli mobil dengan bantuan montir bengkel profesional dan terpercaya yang mengetahui daftar kapasitas mesin mobil manual dan matic.

Sehingga, semua proses ganti oli mobil dapat dilakukan dengan cepat dengan meminimalisir resiko kerusakan mesin. Jadi, untuk Anda yang berencana ganti oli mobil. Anda cukup kunjungi cabang dokter mobil terdekat.

Baca Juga : Biaya Turun Mesin Mobil

Sebelum mengganti oli mesin mobil, Anda wajib tahu berapa kapasitas oil tank mobil Anda. Sebab, setiap mobil memiliki kapasitas oli mesin mobil yang berbeda-beda. Apabila Anda kelebihan atau kekurangan mengisi oli mesin mobil, maka ada beberapa resiko kerusakan pada mesin mobil. Untuk itu, ketahui daftar kapasitas mesin mobil terlebih dahulu sebelum ganti oli mesin mobil.

Tags:
No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *