4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air

Bila knalpot mobil keluar asap putih dan air, maka segera bawa ke bengkel. Sebab, sangat beresiko bila Anda membiarkan masalah tersebut. Ya, masalah tersebut menandakan bahwa ada kerusakan parah pada komponen mobil yang harus segera ditangani.

Mengatasi kerusakan yang menyebabkan knalpot mobil Anda mengeluarkan asap putih dan air ini tidak boleh sembarangan. Hanya montir berlisensi, profesional, dan pengalaman saja yang bisa mengatasi kerusakan seperti itu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan mobil Anda keluar asap putih dan air beserta cara penyelesaiannya.

Ini Dia! 4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air

knalpot mobil keluar air

Apabila mobil Anda mengeluarkan asap berwarna putih pekat disertai dengan air menetes pada knalpot, maka jangan anggap enteng masalah tersebut. Ada resiko fatal bila Anda membiarkan masalah tersebut tanpa menemukan tindakan solutif.

Salah satu resiko terbesar adalah mobil mengalami “turun mesin” atau rusak total.Untuk itu, kenali 4 penyebab munculnya asap berwarna putih pekat disertai air pada knalpot mobil yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1.  Air Pendingin Mobil Bocor ke Komponen Exhaust System

Penyebab pertama mobil mengeluarkan asap putih dan air adalah adanya kebocoran pada air pendingin mobil ke komponen exhaust system atau ruang pembakaran. Sehingga, air pendingin mobil yang ikut terbakar ini kemudian mengeluarkan asap berwarna putih pekat pada knalpot mobil dan diiringi dengan munculnya air.

Kebocoran pada air pendingin mobil ini disebabkan oleh adanya crack maupun retakan pada komponen silinder mesin (mobil bensin) atau komponen turbocharger (mobil diesel). Hal ini menyebabkan suhu mesin mobil naik secara tiba-tiba atau overheating.

  1.  Oli Mesin Mobil Bocor Ke Komponen Exhaust System

Lalu, oli mesin mobil bocor ke komponen exhaust system atau ruang pembakaran juga menjadi salah satu penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air. Hal ini disebabkan oleh kebocoran pada oil tank. Bocornya oli mesin ke komponen exhaust system ini menyebabkan overheating disertai munculnya asap putih pada knalpot.

Bocornya oil tank mobil ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti ausnya silinder mesin, klep dan gasket bocor, hingga retaknya dinding silinder. Untuk itu, Anda diwajibkan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya agar mobil tidak mengalami turun mesin.

  1.  Adanya Sisa-Sisa Air Pembuangan pada Knalpot

Munculnya air pada knalpot ini bisa saja disebabkan oleh adanya sisa-sisa air pembuangan.  Adanya air pada knalpot ini dihasilkan oleh penguapan pada ruang pembakaran. Sisa-sisa air ini wajib Anda bersihkan secara berkala. Apabila tidak segera dibersihkan, maka air sisa pembuangan dapat mengganggu kinerja komponen gas buang mobil Anda.

  1.  Pengembunan Gas Buang

Sangat wajar apabila mobil Anda mengeluarkan air pada knalpot. Sebab, munculnya air pada knalpot ini disebabkan oleh sistem pembakaran mesin mobil. Hanya saja, Anda perlu waspada apabila knalpot mobil mengeluarkan asap pekat berwarna putih dibarengi dengan munculnya air. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada komponen mesin mobil.

Cara Mengatasi Knalpot Mobil Keluar Asap Putih dan Air

bengkel mobil terdekat

Sumber : Dokter Mobil

Agar mobil tidak mengalami “turun mesin” akibat knalpot mobil Anda mengeluarkan asap putih dan air, maka Anda perlu mengetahui tindakan solutif mengatasi kerusakan tersebut. Untuk itu, ini dia cara mengatasi masalah knalpot mobil yang mengeluarkan asap putih dan air. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1.  Mengecek Kadar Oli Mesin Mobil

Pertama, silahkan Anda mengecek kadar oli mobil. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah oil tank mobil bocor atau tidak. Untuk mengecek kadar oli mesin, silahkan Anda tarik tuas deep oil tank mobil.

Baca Juga : Biaya Perbaikan Oli Mesin Rembes

  1.  Membawa Mobil ke Bengkel Terpercaya

Apabila knalpot mobil tetap mengeluarkan asap putih dan air, maka silahkan bawa mobil ke bengkel terpercaya. Salah satu bengkel terpercaya adalah dokter mobil. Di dokter mobil, Anda dapat melakukan tune up dan service guna mengatasi penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air.

Knalpot mobil keluar asap putih dan air ini menjadi salah satu masalah yang harus segera ditangani. Apabila tidak segera ditangani, maka mobil akan mengalami turun mesin. Untuk itu, bawa segera mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya untuk melakukan tune up dan tindakan service oleh montir bengkel berpengalaman agar knalpot mobil keluar asap putih dan air tidak muncul kembali.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *