Mesin Mobil Bunyi Nging? Kenali Ciri dan Penyebab Utamanya

Anda patut waspada apabila mesin mobil bunyi nging. Sebab, bisa saja bunyi tersebut menandakan adanya kerusakan pada komponen mesin. Ada baiknya untuk segera mengetahui apa saja ciri dan penyebab utamanya. Apabila tidak ditangani oleh montir profesional, bisa jadi Anda akan celaka apabila Anda mengendarai mobil dengan bunyi nging.

Setelah Anda mengetahui ciri dan juga penyebab mesin mobil mengeluarkan bunyi nging. Maka, Anda dapat menentukan langkah solutif untuk mengatasi masalah tersebut sesuai dengan ciri dan penyebab utamanya.

Kenali, Ciri-Ciri Beserta Penyebab Utama Mesin Mobil Bunyi Nging

mobil bunyi nging

Perlu Anda ketahui bahwa munculnya bunyi nging pada mobil ini adalah salah satu ciri dari kerusakan pada komponen mesin mobil. Oleh sebab itu, Anda harus tahu ciri-ciri beserta penyebab utama dari masalah tersebut.

Apabila masalah tersebut tidak ditangani segera, maka akan berakibat fatal bila mobil tersebut Anda gunakan saat berkendara. Oleh sebab itu, ini dia beberapa ciri dan penyebab utama dari munculnya suara nging dari mesin mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kerusakan Pada Bagian Komponen Bearing

Pertama, perhatikan terlebih dahulu sumber suara nging tersebut. Apabila sumber suara nging tersebut dari bagian mesin depan, maka dapat dipastikan bahwa komponen bearing mobil Anda bermasalah. Bisa jadi komponen bearing mobil Anda rusak. Ciri utama dari kerusakan pada komponen bearing adalah kurang maksimalnya sistem pendingin mobil.

Hal ini disebabkan oleh bearing pulley mobil yang rusak. Bunyi nging tersebut berasal dari gesekan-gesekan antara bearing yang rusak dengan komponen lain. Oleh sebab itu, Anda perlu memperbaiki atau mengganti komponen bearing yang telah rusak.

  1. Rusaknya Dioda Rectifier pada Dinamo Ampere

Dioda rectifier merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Tanpa adanya diode rectifier, maka arus listrik mobil akan terganggu. Hal ini disebabkan karena vitalnya fungsi dari diode rectifier.

Ciri utama dari kerusakan pada diode rectifier adalah sulitnya mesin mobil distarter. Sebab, sumber listrik mobil menggunakan listrik jenis DC. Sedangkan, dioda ampere ini menghasilkan arus listrik AC. Jadi, dengan adanya diode rectifier ini mengubah arus AC menjadi arus DC.

Apabila diode rectifier ini rusak, maka akan mesin mobil bunyi nging. Hal ini disebabkan oleh diode rectifier kotor maupun rusak. Pada posisi mobil idle, suara nging ini terdengar jelas. Namun ketika digunakan berkendara, suara nging ini terdengar samar-samar.

  1. Kerusakan pada Komponen Kipas Pendingin Mesin

Komponen kipas pendingin ini berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil agar tidak terjadi overheating. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka resiko terjadi overheating tentu cukup besar.

Salah satu ciri dari kerusakan pada komponen kipas pendingin ini adanya munculnya bunyi nging yang cukup terdengar jelas. Untuk memastikan bahwa bunyi nging berasal dari kerusakan komponen kipas pendingin, maka silahkan buka kap mobil.

Hidupkan mesin, nyalakan AC, dan gas mobil Anda di posisi netral. Apabila bunyi tersebut berasal dari kipas pendingin mesin, maka segera ganti komponen tersebut di bengkel terdekat agar mobil Anda tetap nyaman saat digunakan berkendara.

Resiko Terbesar Apabila Mobil Tidak Segera Diservis Ketika Mesin Mobil Bunyi Nging

biaya turun mesin mobil

Dalam beberapa kasus, bunyi nging ini memang tidak berbahaya. Namun, perhatikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari munculnya suara berisik tersebut. Apabila mobil bunyi nging karena kerusakan pada komponen bearing, maka tidak terlalu berbahaya. Anda hanya perlu mengganti komponen bearing di bengkel terdekat.

Apabila penyebab mesin mobil bunyi nging karena rusaknya diode rectifier atau rusaknya kipas pendingin mesin, tentu Anda harus segera membawa mobil ke bengkel terpercaya. Apabila tidak segera ditangani, maka mobil akan mengalami resiko cukup fatal.

Baca Juga : Mobil Tidak Bisa Distarter saat Mesin Panas

Anda dapat mengecek dan menservis mesin mobil bunyi nging ke dokter mobil cabang terdekat. Anda akan dibantu oleh montir dan teknisi mobil profesional dan terpercaya. Sehingga, semua masalah pada mobil dapat terselesaikan segera dan Anda dapat kembali berkendara tanpa takut resiko saat digunakan berkendara.

Mesin mobil bunyi nging tentu saja sangat mengganggu Anda ketika berkendara. Bunyi tersebut muncul karena beberapa penyebab. Untuk itu, butuh langkah solutif agar mesin mobil tidak bunyi nging kembali. Segera cek kondisi mobil di dokter mobil cabang terdekat guna pengecekan dan langkah servis yang akan dibantu oleh montir dan teknisi profesional.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *