Kenali Faktor Penyebab Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

Cukup menjengkelkan apabila Anda merasa mobil ndut ndutan di RPM rendah. Hal ini tentu sangat mengganggu Anda ketika sedang berkendara. Agar tidak mengalami hal tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan mobil Anda terasa ndut ndutan ketika dipacu pada RPM rendah.

Apabila tidak segera diatasi, maka masalah mobil ndut ndutan di RPM rendah ini akan berakibat fatal. Maka dari itu, ada baiknya untuk memeriksakan mobil yang bermasalah di bengkel terdekat guna pengecekan lebih lanjut agar lebih paham apa kendala yang dialami sebenarnya.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

Ada beberapa faktor yang sering menyebabkan mobil ndut ndutan di RPM rendah. Bisa jadi, ada faktor kelalaian pemilik kendaraan dan juga faktor kerusakan pada bagian komponen mesin. Oleh sebab itu, ini dia beberapa faktor penyebab dari mobil terasa ndut ndutan ketika dipacu di RPM rendah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Faktor Kesalahan Pengguna Kendaraan

mobil matic nyentak

    1. Kehabisan Bahan Bakar

Apabila tarikan mobil yang Anda kendarai ini terasa tersendat-sendat. Maka bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan pengemudi. Mengapa demikian ? Sebab, pengemudi lupa tidak memperhitungkan jarak tempuh tujuan dengan sisa bensin mobil yang digunakan. Apabila bahan bakar mobil telah menipis. Maka masalah tersebut dapat berdampak pada tarikan RPM mobil terasa ndut ndutan.

    1. Kesalahan Dalam Memilih Gigi Persneling

Bila tarikan mobil yang Anda gunakan ini tersendat kala dipacu pada RPM rendah, maka Anda tak perlu panik. Cek terlebih dahulu gigi persneling yang Anda gunakan.Terkadang, pengemudi lupa untuk menggunakan gigi rendah saat mobil dipacu pada RPM rendah.

Apabila Anda menggunakan gigi nomor 3 atau 4 saat mobil dipacu di RPM rendah. Maka, sudah dipastikan bahwa tarikan mobil akan terasa lebih berat atau terasa ndut ndutan.

  • Faktor Kerusakan pada Komponen Mesin

bengkel mobil terdekat

    1. Sistem Perapian Mobil Mengalami Kerusakan

Selain disebabkan oleh adanya faktor human error, penyebab mobil terasa tersendat saat digunakan ini juga disebabkan

oleh adanya kerusakan di bagian komponen mobil.Salah satunya adalah kerusakan di bagian sistem perapian.

Sistem perapian mesin mobil yang kerap bermasalah ini ada di bagian koil busi hingga kabel busi. Koil busi dan kabel busi ini kerap bermasalah karena adanya faktor usia penggunaan dan pengelupasan pada bagian kabel.

Setidaknya, koil busi ini wajib diganti setidaknya 12 hingga 18 bulan sekali. Apabila telah melebihi batas waktu, maka Anda wajib mengganti koil busi di bengkel terpercaya. Anda akan dibantu oleh montir dan teknisi profesional guna penggantian koil busi mobil yang bermasalah.

    1. Tersumbatnya Filter Bensin

Apabila tidak ada masalah pada sistem perapian, maka silahkan cek filter bensin ketika mobil ndut ndutan di RPM rendah. Bisa saja filter bensin mobil tersumbat kotoran sehingga mobil terasa ndut ndutan ketika dipacu di RPM rendah. Masalah ini cukup berbahaya apabila dibiarkan filter bensin tersumbat.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin

Oleh sebab itu, segera cek kondisi kendaraan Anda di bengkel terdekat agar filter bensin dapat segera dibersihkan dari penyumbatan kotoran. Setelah itu, Anda dapat kembali mengendarai mobil dengan normal tanpa terasa ndut ndutan di RPM rendah.

    1. Banyaknya Kotoran yang Menyumbat Filter Udara

Filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mobil. Agar mobil tidak tersumbat dengan partikel debu atau kotoran lainnya. Maka dari itu, filter udara menjadi komponen yang wajib dibersihkan secara berkala.

Apabila Anda tidak pernah membersihkan filter udara, maka banyak kotoran yang menyumbat komponen tersebut. Akibatnya, mobil ndut ndutan di RPM rendah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan tune up secara berkala agar mobil tetap terawat dan nyaman saat digunakan berkendara.

Cukup riskan mengendarai mobil yang mengalami masalah, seperti mobil ndut ndutan di RPM rendah. Hal tersebut tentu disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor human error dan kerusakan pada komponen mobil. Apabila ada kerusakan pada komponen mobil, segera konsultasikan dengan dokter mobil selaku bengkel mobil terpercaya di cabang terdekat dengan tempat tinggalmu.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *