Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas? Ternyata Ini Penyebabnya

Saat berkendara, tentu Anda merasa tak nyaman kala mobil ndut ndutan saat injak gas. Maka, Anda dapat membawa mobil ke bengkel terdekat. Sebab, mobil terasa ndut ndutan atau brebet ini dapat menyebabkan Anda celaka di jalan.

Untuk itu, Anda perlu mengerti dan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab utama masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Mengatasi masalah mobil ndut ndutan ini tidak bisa dilakukan secara mandiri dirumah. Oleh sebab itu, segera bawa ke bengkel terdekat agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Utama Mengapa Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

Mobil terasa brebet atau ndut ndutan saat dikendarai ini memiliki berbagai faktor penyebab. Apabila Anda terlambat membawa mobil terasa brebet saat dikendarai ke bengkel terpercaya, maka ada resiko fatal yang menyebabkan mobil mengalami turun mesin. Oleh sebab itu, ini dia 4 faktor penyebab utama mengapa mobil terasa brebet atau ndut ndutan kala dikendarai. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kerusakan pada Pompa Bensin (Fuel Pump)

kerusakan pada pompa bensin mobil

Apabila mobil terasa brebet atau ndut ndutan, bisa jadi ada kerusakan pada pompa bensin mobil Anda. Pompa bensin ini berfungsi untuk mengalirkan bensin dari tangki bahan bakar ke karburator. Apabila masalah pada pompa bensin tidak ditangani segera, maka resiko terberat adalah mobil tidak bisa distarter mesin hingga terasa brebet saat dikendarai.

  1. Tersumbatnya Filter Bensin

Tersumbatnya Filter Bensin

Saat mobil terasa ndut ndutan kala dikendarai, maka Anda disarankan untuk mengecek bagian filter bensin. Bisa saja filter bensin mobil Anda tersumbat kotoran maupun benda asing. Hal ini tentu menyebabkan aliran bensin dari tangki bahan bakar ke karburator menjadi tersendat. Akibatnya, mobil ndut ndutan saat injak gas. Untuk itu, segera lakukan pengecekan di bengkel mobil terpercaya, seperti dokter mobil.

  1. Kotornya Filter Udara Mesin Mobil

Kotornya Filter Udara Mesin Mobil

Pada mesin mobil, terdapat komponen yang berfungsi untuk menyaring udara agar mesin tidak terlalu panas. Komponen tersebut adalah filter udara mesin mobil. Apabila filter udara mesin mobil ini kotor, bisa jadi mobil yang sedang Anda kendarai ini terasa brebet atau mobil ndut ndutan saat injak gas. Ada baiknya bagi Anda untuk membersihkan filter udara secara rutin dan berkala.

  1. Mengelupasnya Kabel Busi Mobil

kabel busi mengelupas

Apabila mobil terasa brebet atau ndut ndutan meskipun kondisi pompa bensin, filter bensin, maupun filter udara dalam kondisi baik-baik saja. Bisa jadi, kabel busi menjadi penyebab masalah tersebut. Umumnya, masalah ini kerap dialami oleh pemilik kendaraan yang pernah mengganti kabel busi mobil. Maka, sangat wajar bila mobil terasa ndut ndutan.

Karena kabel busi mobil yang Anda gunakan kurang berkualitas  sehingga mudah mengelupas dan putus. Untuk itu, beli lah kabel busi mobil berkualitas di bengkel mobil terpercaya yakni di dokter mobil cabang terdekat.

Masalah mobil terasa brebet atau mobil ndut ndutan saat injak gas merupakan salah satu masalah yang harus ditangani segera. Apabila tidak, bisa saja masalah pada mobil semakin parah hingga mengalami turun mesin.

Baca Juga : Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Manual dan Matic

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel terdekat guna mengecek dan memperbaiki masalah mobil ndut ndutan saat injak gas. Salah satu bengkel terpercaya yang melayani pengecekan dan jasa service adalah dokter mobil. Silahkan kunjungi cabang dokter mobil terdekat dari rumah Anda.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *