4 Penyebab Utama Mobil Matic Nyentak

Anda tak perlu khawatir bila mobil matic Anda terasa nyentak. Sebab, ada beberapa penyebab mobil matic nyentak yang tak berakibat fatal. Hanya saja, perlu penanganan segera apabila mobil matic terasa tersendat kala digunakan berkendara. Sentakan mobil matic ini tentu saja mengganggu kenyamanan Anda berkendara.

Oleh karena itu, segeralah mencari tahu penyebab sentakan pada mobil matic kala digunakan berkendara. Guna membantu Anda dalam mencari penyebab mobil matic nyentak, maka Anda dapat membawa mobil tersebut ke bengkel agar montir dapat membantu Anda mencari serta mengatasi sentakan pada mobil matic.

4 Hal yang Sering Menjadi Penyebab Mobil Matic Nyentak

mobil matic nyentak

Sumber : Cash Cars Buyer

Munculnya sentakan pada mobil matic saat digas ini memang tidak perlu Anda khawatirkan. Namun, masalah tersebut harus segera ditangani. Untuk mencari solusinya, Anda perlu mengetahui penyebab utama munculnya sentakan saat mobil matic dikendarai. Ini dia beberapa penyebab dari mobil matic terasa nyentak saat digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Adanya Kotoran pada Oli Mobil

Bagi Anda yang jarang mengganti oli transmisi mobil matic, maka Anda tak perlu heran bila muncul sentakan ketika melakukan perpindahan gigi persneling. Hal ini disebabkan karena komponen transmisi tidak terlumasi dengan baik.

Sebab itu, komponen transmisi akan mengalami aus, korosi, dan paling parah ialah berkarat. Akibatnya, akan muncul sentakan hingga gigi persneling tidak dapat bergerak karena oli transmisi mobil matic kotor dan tidak pernah Anda ganti.

  1. Adanya Kerusakan pada Komponen AT Solenoid

AT solenoid merupakan salah satu komponen penting pada transmisi gigi persneling mobil matic. AT solenoid ini mengatur masuknya oli ke beberapa komponen transmisi matic, seperti brake dan clutch. Nah, AT solenoid ini bekerja secara otomatis sesuai dengan Transmission Control Module. Apabila AT solenoid ini mengalami kerusakan, maka kerusakan ini menjadi salah satu dari penyebab sentakan pada mobil matic.

Baca Juga : Bengkel AC Mobil Terdekat

  1. Kerusakan pada Komponen Elektrik Mobil Matic

Sistem transmisi mobil matic ini menggunakan komponen elektrik. Sistem tersebut diberi nama Transmission Control Module (TCM), sistem elektrik itu berfungsi untuk mengatur sensor dan akurator transmisi mobil Anda. Apabila ada kerusakan pada salah satu komponen elektrik, bisa dipastikan bahwa mobil Anda akan terasa menyentak ketika digunakan berkendara.

  1. Aus pada Komponen Brake dan Clutch

Dan penyebab terakhir munculnya sentakan pada mobil matic adalah komponen brake dan clutch aus akibat kurangnya pasokan oli transmisi. Komponen brake dan clutch ini merupakan komponen paling penting pada transmisi mobil matic.

Apabila kedua komponen tersebut telah aus, maka Anda harus membawa mobil ke bengkel terdekat guna menservis mobil matic yang mengalami aus pada komponen transmisi.

Cara Mengatasi Masalah Mobil Matic Nyentak Saat Dikendarai

bengkel mobil terdekat

Sumber : Dokter Mobil

Setelah Anda menemukan penyebab mobil matic nyentak, maka Anda juga perlu mengetahui solusi dari masalah mobil matic nyentak saat dikendarai. Untuk itu, ini dia beberapa cara mengatasi masalah mobil matic nyentak saat Anda kendarai di jalan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengganti Oli Mobil yang Kotor

Pertama, silahkan Anda melihat oli mobil Anda. Pastikan kondisi oli mobil masih layak digunakan. Apabila tampak kotor, maka Anda wajib mengganti oli mobil terutama oli transmisi. Sebab, kotornya oli transmisi ini menjadi penyebab mobil matic Anda terasa nyentak saat digunakan. Untuk itu, bawa mobil Anda ke bengkel terdekat guna mengganti oli mobil.

  1. Membawa Mobil ke Bengkel Terpercaya

Kedua, silahkan Anda membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menservis komponen transmisi mobil yang mengalami kerusakan, seperti AT solenoid, brake, clutch, dan komponen transmisi lainnya.

Anda dapat melakukan tune up ke dokter mobil untuk mengetahui seberapa parah kerusakan mobil Anda. Selain itu, Anda juga dapat meminta bantuan montir dokter mobil untuk memberikan layanan servis mobil matic Anda yang terasa nyentak saat digunakan berkendara.

Mobil matic terasa nyentak saat dikendarai ini tentu menjadi salah satu masalah yang harus segera ditangani. Meskipun tidak menyebabkan resiko fatal, namun hentakan saat Anda melakukan perpindahan gigi persneling tentu mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk itu, ketahui penyebab mobil matic nyentak beserta cara mengatasinya.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *