Simak, 4 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin. Sehingga, Anda harus ke bengkel untuk menanganinya. Sebab, menangani mobil matic yang tidak bisa distarter ini tidak bisa dilakukan secara mandiri dirumah. Karena, hanya montir berpengalaman dan profesional saja yang bisa menangani masalah tersebut.

Maka dari itu, apabila mobil matic Anda mengalami kendala tidak bisa distarter mesin. Segera bawa ke bengkel terpercaya agar masalah tersebut dapat ditangani oleh montir bengkel berpengalaman dan profesional.

4 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin

Umumnya, penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin ini karena aki mobil melemah atau kadaluarsa. Aki mobil ini berfungsi sebagai sumber kelistrikan mesin mobil. Namun, ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab mengapa mobil matic Anda tidak bisa distarter mesin.

Untuk itu, ini dia beberapa penyebab utama dari masalah mobil matic yang tidak bisa distarter mesin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kerusakan Pada Alternator atau Dinamo Ampere

Kerusakan Pada Alternator atau Dinamo Ampere

Alternator atau dinamo ampere merupakan salah satu komponen penting pada mesin penggerak mobil, terutama mobil bertransmisi matic. Alternator atau dinamo ampere ini berfungsi untuk mengalirkan listrik pada aki mobil. Apabila alternator atau dinamo ampere ini mengalami kerusakan, maka mobil Anda tidak bisa distarter mesin.

Karena aliran listrik pada mesin mobil tidak stabil. Untuk mencegah kerusakan pada alternator atau dinamo ampere, Anda disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala. Minimal melakukan tune up mobil setidaknya 1 tahun sekali.

  1. Pendistribusian Bahan Bakar Tidak Stabil

Pendistribusian Bahan Bakar Tidak Stabil pada mobil

Kemudian, masalah pendistribusian bahan bakar tidak stabil juga menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin. Masalah tersebut disebabkan oleh tidak bekerjanya fuel pump atau selang bahan bakar yang tidak mampu mendistribusikan bahan bakar dari tanki ke karburator.

Fuel pump yang tidak mampu mendistribusikan bahan bakar ini disebabkan oleh kondisi fuel pump yang terlalu dingin karena terkena suhu udara dari luar kap mesin. Untuk itu, lakukan pengecekan pada fuel pump apabila mesin mobil matic tidak bisa distarter.

  1. Koil Busi Panas

Koil Busi Panas

Koil busi merupakan komponen yang berfungsi untuk menggandakan tegangan listrik yang diperoleh dari busi guna disalurkan ke aki mobil. Hanya saja, koil busi mobil matic ini mudah rusak apabila tidak Anda rawat secara berkala.

 Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk melakukan pengecekan pada koil busi apabila mesin mobil tidak bisa menyala. Sebab, koil busi cepat panas ini bisa saja menjadi salah satu gejala umum terjadinya overheating atau kenaikan suhu mobil secara tidak wajar.

  1. Sensor Suhu Bermasalah

Sensor Suhu mobil Bermasalah

Ini adalah penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin yang terakhir pada setiap mobil, baik mobil bertransmisi manual maupun matic ini memiliki sensor suhu atau Water Temperature Sensor (WTS). Sensor ini menunjukkan bahwa kondisi suhu mesin mobil normal atau bermasalah.

Apabila sensor suhu mobil ini mengalami kerusakan, maka akan berdampak pada gangguan sistem injeksi mobil yang berakibat pada sistem starter mesin mobil. Apabila sensor suhu bermasalah, ada baiknya untuk segera membawa mobil ke bengkel terdekat guna pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Biaya Service AC Mobil

Ada beberapa faktor penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin. Sebagai pemilik, Anda harus segera membawa mobil matic Anda ke bengkel terdekat. Hanya saja, Anda perlu selektif memilih bengkel mobil. Sebab, tidak semua bengkel mobil terpercaya. Salah satu bengkel terpercaya adalah dokter mobil. Anda dapat mencari lokasi cabang dokter mobil terdekat dari lokasi rumah Anda.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *