4 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat Beserta Solusinya

Ada banyak penyebab tarikan mobil terasa berat. Terkadang, Anda tidak mengetahui tarikan mobil terasa berat ini disebabkan beberapa hal. Bisa saja tarikan mobil terasa berat ini disebabkan oleh faktor human error maupun adanya kerusakan pada komponen mesin mobil Anda.

Untuk itu, perlu Anda ketahui apabila mobil Anda terasa berat ketika Anda menekan pedal gas. Maka, Anda disarankan untuk segera melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara menentukan langkah solutif untuk mengatasi masalah tersebut. Apabila Anda tidak memiliki keahlian di bidang otomotif, ada baiknya untuk membawa mobil Anda ke bengkel terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Ini Dia 4 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

mobil matic nyentak

Apabila Anda merasa tarikan mobil terasa berat, maka Anda disarankan untuk mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Sebab, ada 4 penyebab tarikan mobil terasa berat. Untuk itu, ini dia 4 penyebab utama mengapa mobil Anda mengalami masalah pada tarikan gas yang terasa berat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menipisnya Kampas Kopling

Penyebab tarikan mobil terasa berat yang pertama yaitu kampas kopling. Kampas kopling mobil ini berguna untuk melumasi komponen kopling mobil agar tidak aus. Kampas kopling ini selalu bergesekan dengan komponen flywheel ketika pengemudi menggunakan persneling. Lambat laun, kampas kopling pun menipis dan dampaknya adalah tarikan mobil terasa berat, terutama ketika Anda menggunakan persneling 3 hingga 5.

  1. Adanya Masalah pada Komponen Rem dan Bearing Roda

Adanya masalah pada komponen rem dan bearing roda mobil juga menjadi salah satu penyebab utama dari masalah tarikan mobil yang terasa berat. Apabila Anda terlalu kencang memasang kampas rem dan bearing roda, yang Anda rasakan adalah mobil tidak akan melaju kencang.

Hal ini disebabkan karena tertahan oleh komponen rem dan bearing roda yang terlalu kencang. Untuk itu, periksa komponen rem dan bearing roda ketika Anda merasakan bahwa mobil Anda mengalami masalah tarikan mobil yang terasa berat.

  1. Sistem Transmisi Aus

Penyebab tarikan mobil terasa berat yang ketiga cek bagian sistem transmisi mobil. Bisa jadi sistem transmisi mobil Anda mengalami aus atau berkarat. Ciri dari sistem transmisi aus adalah munculnya bunyi bising ketika Anda mengoper gigi persneling.

  1. Adanya Kerusakan pada Komponen AC Mobil

Dan penyebab tarikan mobil terasa berat yang terakhir adalah adanya kerusakan pada komponen AC mobil. Bisa saja komponen AC mobil Anda mengalami kerusakan, seperti adanya kerusakan pada kompresor, kondensor, maupun evaporator. Hal ini menyebabkan tarikan mobil terasa berat.

Langkah Solutif untuk Mengatasi Masalah Tarikan MobilĀ  Terasa Berat

bengkel mobil terdekat

Setelah Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab dari masalah tarikan mobil yang terasa berat, maka Anda perlu mengetahui pula beberapa langkah solutif untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertama, periksa kondisi kampas kopling mobil. Apabila kampas kopling menipis, maka Anda wajib mengganti kampas kopling yang telah menipis. Dan yang kedua, segera mengatur kembali pengereman dan bearing mobil agar tidak terlalu kencang dalam memasang roda bearing mobil dan komponen pengereman.

Dan yang ketiga adalah mengganti oli transmisi. Langkah ini wajib Anda pilih apabila komponen transmisi mobil mengalami keausan. Sebab, komponen transmisi mengalami keausan karena kurangnya pelumasan pada komponen transmisi mobil.

Baca Juga : Turun Mesin Mobil

Dan langkah solutif yang terakhir guna mengatasi masalah dan penyebab tarikan mobil terasa berat adalah membawa mobil ke bengkel terdekat dan terpercaya. Langkah ini dapat Anda ambil apabila Anda tidak memiliki keahlian di bidang otomotif. Sehingga Anda disarankan untuk membawa mobil ke bengkel.

Memilih bengkel mobil ini tidak boleh sembarangan. Silahkan pilih bengkel yang Anda percayakan untuk menservis mobil Anda yang mengalami masalah pada tarikan mobil. Apabila Anda tengah mencari bengkel mobil terpercaya, maka Anda bisa percayakan pada dokter mobil.

Di dokter mobil, Anda dapat berkonsultasi mengenai perawatan mobil dan juga menservis mobil yang mengalami kerusakan, termasuk servis komponen yang menyebabkan tarikan mobil terasa berat. Untuk itu, apabila Anda merasa ada penyebab tarikan mobil terasa berat. Maka silahkan datang langsung ke dokter mobil cabang terdekat.

Tags:
No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *