Ini Dia 3 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya

Turun mesin mobil merupakan salah satu kerusakan pada mesin mobil yang cukup parah. Ketika mobil Anda mengalami turun mesin, maka Anda tidak bisa mengendarainya. Sebab, mesin mobil harus dikeluarkan dari kap dan dicek dan diservis oleh montir serta teknisi berpengalaman. Mobil yang mengalami turun mesin ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya adalah kurangnya perawatan dan penggantian komponen secara teratur. Apabila tidak segera diatasi, maka mesin mobil akan mengalami rusak total dan mobil tidak akan bisa digunakan kembali. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa saja yang menjadi penyebab utama masalah turun mesin dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Ini Dia 3 Penyebab Utama Masalah Turun Mesin Mobil

cara mengatasi asap putih pada mesin diesel

Masalah turun mesin ini disebabkan oleh banyak faktor. Bahkan, ketika Anda melakukan perawatan rutin pun terkadan mobil bisa saja mengalami masalah turun mesin. Oleh sebab itu, masalah ini perlu Anda hindari agar mobil tetap dapat digunakan. Maka dari itu, ini dia beberapa faktor penyebab masalah mobil yang mengalami turun mesin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Overheating

Overheating atau naiknya suhu panas mesin mobil secara tiba-tiba menjadi salah satu penyebab utama masalah turun mesin. Pada kasus-kasus tertentu, overheating ini disebabkan oleh human error atau adanya kerusakan pada komponen mesin mobil. Ciri-ciri overheating adalah mobil sukar distarter, mogok, hingga muncul asap putih dari kap mobil.

Apabila overheating ini tidak segera diatasi, maka dapat dipastikan bahwa mobil Anda akan mengalami turun mesin. Segera bawa mobil ke bengkel guna memastikan kerusakan mesin lebih lanjut.

  1. Kurangnya Oli Mesin

Agar mobil Anda tidak mengalami turun mesin, maka lakukan penggantian oli mesin secara teratur. Hal ini tentu bertujuan untuk mengurangi resiko turun mesin mobil. Masalah turun mesin ini disebabkan oleh komponen mobil yang berkarat dan aus.

Munculnya karat dan aus ini disebabkan oleh kurangnya pelumasan. Oleh sebab itu, segera ganti oli mobil secara teratur agar mobil Anda tidak berkarat dan aus yang dapat menyebabkan turun mesin.

  1. Mesin Terendam Air

Dan penyebab mobil mengalami turun mesin adalah masuknya air ke bagian komponen-komponen mesin. Masuknya air ke dalam kap mobil disebabkan oleh mesin yang terendam akibat terkena bencana alam, seperti tsunami maupun banjir bandang.

Air yang masuk ke dalam komponen mesin mobil ini menyebabkan penuhnya ruang pengapian mobil. Akibatnya, piston mobil berlubang hingga pecah. Apabila mobil Anda terendam air, maka segera cari langkah solutif agar mobil dapat Anda gunakan kembali.

Inilah Beberapa Solusi dalam Mengatasi Masalah Turun Mesin Mobil

Setelah Anda mengetahui faktor penyebab masalah turun mesin pada mobil, maka Anda dapat menentukan langkah solutif apa yang dibutuhkan. Memang, memperbaiki masalah turun mesin secara mandiri dirumah akan cukup menyulitkan.

Terlebih bagi Anda yang tidak memiliki keahlian dalam bidang otomotif. Maka dari itu, ini dia beberapa langkah solutif dalam mengatasi masalah turun mesin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengganti Komponen Mesin Mobil yang Telah Rusak

Apabila penyebab turun mesin mobil karena adanya kerusakan pada komponen mesin, maka Anda wajib mengganti komponen tersebut. Salah satu penyebabnya adalah putusnya timing belt mesin. Harga mengganti komponen timing belt ini cukup mahal, berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000 (tergantung tipe mobil).

  1. Mengatasi Masalah Overheating pada Bagian Mesin Mobil

Apabila turun mesin mobil disebabkan oleh overheating, maka segera bawa ke bengkel terdekat guna mengatasi masalah tersebut. Nantinya, montir dan teknisi bengkel akan mengecek penyebab overheating pada mesin. Bisa jadi penyebab overheating karena kerusakan pada extra fan, radiator mobil, dan penyebab lainnya.

Baca Juga : Air Radiator Avanza

Apabila mobil Anda mengalami overheating, segera bawa ke dokter mobil agar masalah overheating dapat segera ditangani oleh montir dan teknisi berpengalaman. Harga servis overheating ini cukup beragam, mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 800.000 (tergantung tingkat kerusakan yang menyebabkan overheating).

Turun mesin mobil menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Sebab, mesin mobil tidak bisa digunakan sehingga Anda tidak dapat menggunakannya. Segera bawa mobil Anda ke dokter mobil cabangĀ  terdekat apabila mobil Anda mengalami turun mesin.

No Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *